Tentang Kami

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Amat disayangkan, di negara muslim terbesar di dunia ini, bahasa Arab kurang mendapatkan perhatian padahal ia adalah bahasa Al Qur’an dan bahasa yang selalu diucapkan dalam shalat. Fakta ini berbeda dengan bahasa Inggris dimana kita bisa menemukan kursus bahasa Inggris menjamur dimana-mana bahkan kampung bahasa Inggris telah berdiri sejak lama.  Oleh karena itu, Yayasan BISA berkomitmen agar bahasa Arab bisa mendapatkan tempat dan perhatian kaum muslimin dengan membangun beberapa tempat kursus bahasa Arab di banyak kota di Indonesia dengan brand name BISA Learning Center (BLC) . Tidak cukup sampai di situ, Yayasan BISA yang bermarkas di depok memutuskan untuk membentuk Yayasan Kampung Bahasa Arab yang fokus pada pendirian kampung bahasa Arab.

Kampung Bahasa Arab adalah kampung yang dirancang untuk menjadi tempat belajar bahasa Arab dan menghafal Al Qur’an yang terbuka untuk seluruh usia. Kampung Bahasa Arab dibangun sebagai tindak lanjut dari keberadaan BISA Learning Centre (BLC), Pusat belajar bahasa Arab dan Al Qur’an terbesar dan tersebar di belasan kota di Indonesia  yang bisa diikuti 2 kali sepekan pada hari dan jam yang sesuai kesibukan peserta. Karena waktunya yang terbatas dan membutuhkan waktu yang relatif lama, banyak dari alumni BISA yang menginginkan adanya sebuah lembaga yang bisa menerima orang-orang yang ingin belajar bahasa Arab secara intensif dan fokus dalam rentang waktu yang singkat dan disesuaikan dengan kesibukan peserta, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. Peserta nantinya bisa memilih beberapa ilmu yang bisa dipelajari di sini:

  • Percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah)
  • Bahasa Arab Kaidah (Nahwu Sharaf)
  • Tahfidz Al Qur’an Intensif

Yayasan Kampung Bahasa Arab nantinya akan menyiapkan asrama dan tempat belajar untuk para peserta yang terbuka untuk umum insya Allah.  Setelah “nyantri” intensif dalam jangka waktu tertentu (1,3,6,12 bulan), peserta diharapkan bisa pulang dengan membawa kemahiran bahasa Arab atau hafalan Al Qur’an yang ditargetkan insya Allah.

Alhamdulillah, atas kemudahan dari Allah, Kami bisa membeli lahan di kawasan Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor untuk dikembangkan sebagai lokasi kampung bahasa Arab.  Tempat ini sangat mendukung karena berada di kawasan pegunungan yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta. Udaranya sejuk dan dingin, pepohonan hijau yang asri, air jernih khas pegunungan serta berada di kawasan wisata dengan 9 air terjun dan 1 pemandian air panas. Ini sangat mendukung para peserta untuk fokus belajar bahas Arab atau fokus menghafal Al Qur’an.  Kami sekarang masih dalam tahap pembangunan.  Berikut timeline pengembangan kampung bahasa Arab:

Meski pembangunan kampung bahasa Arab ini membutuhkan banyak biaya, Kami berkomitmen agar kawasan ini dibangun secara mandiri tanpa bergantung pada donasi. Oleh karena itu, Kami mencoba untuk menjual tanah kavling baik yang bisa dibangun maupun kavling pertanian produktif. Dengan membeli kavling di sini berarti Antum telah mendukung pembangunan kampung bahasa Arab.

Jadi siapa yang mau punya kavling baik untuk dikelola untuk pertanian produktif atau untuk dibangun rumah? Bayangkan 2-3 tahun lalu ratusan bahkan ribuan orang insya Allah berbondong-bondong datang ke sini untuk belajar bahasa Arab atau menghafal Al Qur’an di daerah pegunungan yang asri, sejuk, dan air jernir dari mata air. Jangan nunggu udah rame ya karena nanti harga akan naik? 🙂

Kavling 100 m mulai dari 25 juta. Hubungi Abu Razin via WA 081314667860