Cerita Tentang Anak-anak Desa Tanpa Gadget

Sudah dua hari ini saya menggantikan jadwal istri mengajar anak-anak kelas 2 SD IT BISA. Istri diamanahi untuk mengampu kelas tahfidz dan pendidikan agama.

Nah, pada hari ini saya mengajarkan mereka do’a memohon perlindungan dari empat perkara yang disunnahkan untuk dibaca dalam shalat sebelum kita melakukan salam. Setelah mengajak mereka untuk sama sama melafalkan doa tersebut serta menghafalkannya, maka saya pun menyuruh mereka untuk menulis doa tersebut agar mereka dapat menghafalkannya kembali di rumah masing-masing. Hafalan mereka masya Allah sangat cepat, mereka juga cepat memahami pelajaran yang disampaikan. Sebelum ini saya hanya mendengar keunggulan mereka ini dari para guru SD IT yang mengajar mereka, ternyata benar apa yang mereka katakan. Mungkin yang mendukung keunggulan mereka itu adalah jauhnya mereka dari gadget, sehingga membuat mereka lebih cepat menangkap pelajaran.

Dan yang membuat saya bangga juga, tatkala semuanya sedang menulis doa yang saya tuliskan di papan tulis, saya memutarkan murattal juz 30 metode ummi yang memang biasa kami putarkan setiap senin dan kamis sore ba’da ashar sebelum anak-anak TPA Kampung Bahasa Arab BISA (termasuk diantaranya adalah anak-anak SD) belajar bahasa Arab dan Al Quran. Saat murattal diputarkan tangan mereka tetap menulis, pandangan mereka ke papan tulis, sedangkan mulut mereka komat kamit mengikuti lantunan tartil yang saya putarkan. Disamping itu, mereka berusaha untuk mengikuti irama qori murattal tersebut yang memang enak didengar.

Masya Allah, semoga anak-anak masyarakat disini semuanya bisa kami rangkul dan didik menjadi anak-anak yang dekat dengan al Quran dan Bahasa Arab, hanya kepada Allah kami memohon taufik dan pertolongan.

Curhatan Murabbi 

Faedah: Diantara cara agar anak-anak mencintai al Quran, mudah menghafal, yakni menyuguhkan kepada mereka hal-hal yang mendukung itu semua seperti memperdengarkan mereka murattal2 yang bagus, menjauhkan mereka dari hal-hal yang dapat melalaikan mereka dari tujuan tersebut seperti tontonan, gadget, musik, serta selalulah berdoa memohon kepada Allah, karna Dia lah yang Maha Memberi Petunjuk.
Semoga bermanfaat.

By: Ust Remanda

#KampungBahasaArabBISA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *